Platform perbankan digital independen pertama UEA diluncurkan

- 7 Maret 2021, 13:03 WIB
Pemandangan Uni Emirat Arab dari atas pesawat.
Pemandangan Uni Emirat Arab dari atas pesawat. /Pixabay/Andy Bay/

WartaBulukumba - hari ini adalah dimulainya revolusi baru Uni Emirat Arab (UEA) di dunia perbankan. Negara itu meluncurkan platform perbankan digital independen yang pertama pada hari Ahad, 7 Maret 2021.

Tanpa cabang fisik, bank baru ini menawarkan analisis pengeluaran dan penganggaran, pembayaran peer-to-peer dan layanan pengiriman uang serta pembayaran tagihan. Bank baru ini diharapkan memimpin di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

YAP yang berbasis di Dubai tidak memiliki lisensi perbankan sendiri tetapi telah bermitra dengan RAK Bank yang menyediakan nomor rekening bank internasional untuk pengguna YAP dan mengamankan dana mereka di bawah lisensi perbankannya sendiri.

Baca Juga: Peretasan dialami 20.000 organisasi AS melalui kelemahan Microsoft

YAP sedang dalam proses bermitra dengan bank-bank di negara lain, kata kepala produk Katral-Nada Hassan, termasuk bank di Saudi, di Pakistan, dan di Ghana.

Pemimpin global dalam perbankan digital, seperti Revolut, salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, tidak hadir di UEA.

Beberapa bank UEA dalam beberapa tahun terakhir meluncurkan penawaran perbankan digital mereka sendiri yang ditargetkan untuk pengguna yang paham digital dan lebih muda, seperti LIV oleh Emirates NBD dan Mashreq Neo oleh Mashreq Bank.

Baca Juga: Hari ini aksi demo terbesar di Myanmar, PBB: lebih 50 orang telah tewas

Perusahaan induk milik negara Abu Dhabi ADQ tahun lalu mengatakan pihaknya berencana untuk mendirikan neobank yang belum disebutkan namanya menggunakan lisensi perbankan dari pemberi pinjaman terbesar di negara itu, First Abu Dhabi Bank (FAB).

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x