Sidang PHPU Dapil 4 Bulukumba di MK: Andi Arjunaedi Amir optimis menang

- 12 Mei 2024, 09:47 WIB
Andi Arjunaedi Amir berfoto di depan Gebung MK -  Sidang PHPU Dapil 4 Bulukumba di MK: Andi Arjunaedi Amir optimis menang
Andi Arjunaedi Amir berfoto di depan Gebung MK - Sidang PHPU Dapil 4 Bulukumba di MK: Andi Arjunaedi Amir optimis menang /Dok. Andi Arjunaedi Amir

WartaBulukumba.Com - Sidang sengketa pasca pesta demokrasi terus mendengung dari Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Sejumlah gugatan mengalir dari berbagai daerah, salah satunya dari Dapil 4 Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Daerah Pemilihan 4 Bulukumba (Kajang-Herlang) menjadi sorotan setelah digugat oleh Andi Arjunaedi Amir dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sidang-sidang terkait telah berlangsung di Mahkamah Konstitusi, dengan beberapa tahapan yang telah dilalui.

Pada tanggal 29 April 2024, sidang pembacaan tuntutan digelar di ruang panel 2 Mahkamah Konstitusi, diikuti dengan sidang jawaban termohon pada tanggal 6 Mei 2024, yang dihadiri oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Siapkan diri Anda, KPU Bulukumba bentuk Badan Adhoc Pemilihan Serentak 2024 melalui Seleksi Terbuka

Pelanggaran kode etik dan SOP 

Gugatan yang diajukan Andi Arjunaedi Amir menyoroti beberapa aspek, termasuk persoalan terkait kotak dan C hasil pemilihan yang tersegel dengan sampul resmi logo KPU, serta absensi daftar hadir peserta pemilih yang tidak punya tanda tangan.

Dalam pernyataannya, Andi Arjunaedi Amir menegaskan bahwa masalah tersebut bukan hanya sekedar pelanggaran kode etik, melainkan pelanggaran berat yang tidak sesuai dengan prosedur operasional standar (SOP) pemilihan umum.

"Alasan kurangnya komunikasi tidak dapat dijadikan dasar, mengingat semua penyelenggara pemilihan umum telah melalui seleksi dan bimbingan teknis sebelumnya," tegas Andi Arjunaedi Amir kepada WartaBulukumba.Com saat dikonfirmasi melalui WhatsApp pada Ahad, 12 Mei 2024.

Baca Juga: Kursi Ketua DPRD Bulukumba: Siapa sosok politisi PKS yang paling pantas?

Yang menarik adalah perbedaan pendapat antara pihak KPU dan Bawaslu, yang tercermin dalam Dissenting Opinion.

Halaman:

Editor: Nurfathana S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah