Mengenal lebih dekat Desa Bonea Timur: Surga kecil yang direngkuh TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar

- 13 Mei 2024, 17:51 WIB
Buldoser TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar menerabas belukar dan bebatuan di Desa Bonea Timur - Mengenal lebih dekat Desa Bonea Timur: Surga kecil yang direngkuh TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar
Buldoser TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar menerabas belukar dan bebatuan di Desa Bonea Timur - Mengenal lebih dekat Desa Bonea Timur: Surga kecil yang direngkuh TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar /Dok. TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar

WartaBulukumba.Com - Desa Bonea Timur menyingkapkan dirinya, bukan hanya sebagai titik koordinat di peta, tetapi sebagai sebuah saga yang mengalir melalui waktu dan ruang. Tahun 2024 ini, Desa Bornea Timur direngkuh kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 120 Kodim 1415 Selayar yang membawa program pembangunan fisik maupun non fisik.

Hamparan tanah yang subur dan pepohonan yang meranggas, Desa Bonea Timur di Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar terpahat oleh sejarah, terbentang sebagai hasil pemekaran dari dua desa legendaris, Bontomarannu dan Bonea Makmur.

Dusun-dusun yang tumbuh dari pangkuan ibunya membawa cerita-cerita masa lalu yang masih membekas hingga kini.

Baca Juga: Tangis haru mewarnai kedatangan Babinsa di rumah dua lansia

Hasil pemekaran dari dua desa

Ditakik dari Laporan KKN Angkatan 54 UINAM 2017 berjudul "SURGA KECIL BONEA TIMUR," pada tahun 1997, Desa Bonea Timur muncul sebagai hasil pemekaran dari Desa Bontomarannu dan Desa Bonea Makmur. Dusun Bissorang dan Dusun Buki-buki pun mekar dari dua desa tersebut, membawa cerita baru dalam lipatan sejarah desa ini.

Desa Bonea Timur menjadi rumah bagi empat dusun yang khas. Dari Dusun Bissorang hingga Dusun Buki-buki Selatan, setiap sudut desa menyimpan kehidupan dan cerita tersendiri.

Desa Bonea Timur, yang berbatasan dengan Desa Bonea Makmur, Laut Flores, dan Desa Bontomarannu, mencerminkan keanekaragaman budaya yang kaya. 

Baca Juga: Banjir di Sulsel: TNI kerahkan helikopter salurkan bantuan ke Latimojong Luwu

Potensi wista sejarah di Dusun Bissorang

Pada suatu masa, wilayah Pemerintahan Bonea dibagi menjadi dua bagian: Bonea Barat dan Bonea Timur. Namun, melalui upaya bersama tokoh masyarakat, terutama Bapak Saleh Manja, muncullah gagasan untuk menyatukan tradisi yang berbeda dan menetapkan nama baru: Desa Bonea Timur.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah