Di masa pandemi justru 77 persen pelaku bisnis optimis terhadap bisnis mereka

- 24 Februari 2021, 06:05 WIB
Ilustrasi produk UMKM, Kopi Anrang kemasan bubuk dari Bulukumba*
Ilustrasi produk UMKM, Kopi Anrang kemasan bubuk dari Bulukumba* /WartaBulukumba/Alfian Nawawi

WartaBulukumba - Sebanyak 90 persen UMKM di Indonesia terlibat dalam aktivitas yang bisa meningkatkan pendapatan mereka.

Data itu berdasarkan survei yang dilakukan Facebook bersama Bank Dunia dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Meskipun sebagian mengaku pendapatan mereka turun saat pandemi, 77 persen pelaku bisnis merasa optimistis terhadap masa depan bisnis mereka. Terdapat 51 persen pelaku UMKM yang menyatakan seperempat penjualan mereka terjadi di platform digital selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Duta Besar Italia untuk Kongo tewas diserang kelompok bersenjata

Survei Laporan Tren Digital terbaru dari Facebook menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia aktif menggunakan platform media sosial tersebut selama pandemi virus corona.

"Komunitas online tumbuh di masa pandemi," kata pimpinan Facebook Indonesia, Pieter Lydian, saat jumpa pers virtual, Selasa.

Laporan Tren Digital, survei yang dilakukan Facebook bersama YouGov, menunjukkan lebih dari 140 juta orang yang tinggal di Indonesia bergabung dengan grup yang aktif selama sebulan terakhir.

Baca Juga: Demonstran Myanmar: lebih baik gaji dipotong dibandingkan jadi budak di bawah militer

Ada 95 persen responden yang mengaku memberikan dukungan, baik bantuan moral maupun kebutuhan rumah tangga, kepada anggota komunitas di dunia maya.

Halaman:

Editor: Sri Ulfanita

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah