Sejarah Bulukumba: Memoar pasir putih di ujung selatan Sulawesi sebelum dikenal sebagai Pantai Tanjung Bira

- 18 April 2024, 13:32 WIB
Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Pantai Tanjung Bira Bulukumba /WartaBulukumba.com

WartaBulukumba.Com - Pantai Tanjung Bira, membingkai cerminan biru langit di perairan Sulawesi Selatan, adalah lebih dari sekadar tujuan wisata. Ini adalah kanvas yang melukis sejarah, budaya, dan transformasi sebuah daerah.

Letaknya yang strategis di ujung selatan Pulau Sulawesi, di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, telah memposisikannya sebagai saksi perubahan zaman dan kebangkitan pariwisata lokal.

Menemui Pantai Tanjung Bira adalah serupa perjalanan menuju nirwana tropis.

Baca Juga: Merengkuh sepotong surga yang jatuh di timur Bulukumba: Pantai Panrangluhu yang memukau dan selalu bikin rindu

Perjalanan ke Tanjung Bira bukanlah perjalanan singkat. Dari Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, membutuhkan waktu sekitar empat jam berkendara, menembus hamparan jalan yang membentang sejauh 200 kilometer. Namun, ini bukan sekadar perjalanan.

Ini adalah sebuah odisei yang menawarkan pemandangan alam memukau di sepanjang jalur dengan sambutan hangat dari penduduk lokal yang ramah dan terbuka.

Selama perjalanan, setiap kilometer yang dilalui seperti membuka lembaran baru di sebuah buku cerita yang mengisahkan harmoni alam dan manusia.

Jalan yang berliku mengarahkan pengunjung tidak hanya ke pantai, tetapi juga ke dalam kehidupan komunitas yang telah berubah melalui pengaruh pariwisata.

Baca Juga: Memeluk surga di Pantai Bara: Kanvas alam di dekat Pantai Tanjung Bira

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah