Tiga diselamatkan dari reruntuhan di Turki saat korban tewas gempa melewati 45.000

- 18 Februari 2023, 10:16 WIB
Seorang warga Turki duduk di depan api unggun di tengah kota yang hancur akibat gempa
Seorang warga Turki duduk di depan api unggun di tengah kota yang hancur akibat gempa /Twitter.com/@licypriyaK

WartaBulukumba - Sangat sulit menemukan Turki dan Suriah dalam senyum, terkecuali senyum getir dari wajah dan tubuh yang menggigil dicengkeram musim dingin.

Bergerak di bawah suhu beku, sejumlah tim penyelamat merayap  di Turki dan Suriah.

Dalam kegetiran, tim penyelamat berhasil mengevakuasi tiga orang hidup-hidup dari reruntuhan bangunan di Turki pada hari Jumat, 11 hari setelah gempa bumi yang telah menewaskan lebih dari 45.000 orang, jutaan orang kehilangan tempat tinggal, dan memicu upaya bantuan besar-besaran.

Baca Juga: Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang disandera teroris Papua memiliki anak usia 5 tahun

Masjid-masjid di seluruh dunia melakukan salat jenazah secara absen di Turki dan Suriah, banyak di antaranya tidak dapat menerima upacara penguburan penuh mengingat besarnya bencana.

Sementara banyak tim penyelamat internasional telah meninggalkan zona gempa yang luas, para penyintas masih muncul dari bawah banyak rumah yang rata dengan tanah, menentang semua rintangan.

Dilansir dari Reuters pada Sabtu, 18 Februari 2023, Hakan Yasinoglu, berusia 40-an, diselamatkan di provinsi selatan Hatay, 278 jam setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda di tengah malam pada 6 Februari, kata Brigade Pemadam Kebakaran Istanbul.

Baca Juga: Teroris Papua gertak Pemerintah Indonesia, kalau Jakarta nekat maka pilot Susi Air dieksekusi mati

Sebelumnya, Osman Halebiye, 14, dan Mustafa Avci, 34, diselamatkan di kota bersejarah Antakya, Turki, yang dikenal pada zaman kuno sebagai Antiokhia. Saat Avci dibawa pergi, dia melakukan panggilan video dengan orang tuanya yang menunjukkan bayinya yang baru lahir.

Halaman:

Editor: Sri Ulfanita

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x