Menyesap Bulukumba dari Desa Bajiminasa: Harmoni ekonomi dan ekologis dari kue jipang dan pohon aren

- 25 April 2024, 13:52 WIB
Ketua Dana Mitra Tani (DMT) Bulukumba, Sri Puswandi saat berkunjung ke tempat pembuatan kue jipang milik Ibu Salma - Melihat Bulukumba dari Desa Bajiminasa: Harmoni ekonomi dan ekologis dari kue jipang dan pohon aren
Ketua Dana Mitra Tani (DMT) Bulukumba, Sri Puswandi saat berkunjung ke tempat pembuatan kue jipang milik Ibu Salma - Melihat Bulukumba dari Desa Bajiminasa: Harmoni ekonomi dan ekologis dari kue jipang dan pohon aren /WartaBulukumba.Com

WartaBulukumba.Com - Di sudut dapur, Ibu Salma, duduk  berakar kuat pada tradisi. Dengan tangannya yang terampil, dia melakukan ritual pembuatan kue jipang yang diwarisi dari nenek dan ibunya. Sejenak melihat Bulukumba dari Desa Bajiminasa di Kecamatan Rilau Ale ini, kita bisa menyesap harmoni ekonomi dan ekologis dari kue jipang dan pohon aren

Cahaya sore menembus celah-celah bambu, memetakan bayang-bayang yang menari di lantai tanah, sementara asap manis gula aren menyelimuti ruangan di rumah sederhana itu.

Dalam setiap gigitan kue jipang, bukan hanya rasa manis yang terasa, melainkan juga resonansi dari sejarah yang panjang dan kecintaan yang mendalam terhadap tanah dan budaya yang telah membesarkan dan memelihara mereka.

Baca Juga: DAS Balangtieng Bulukumba: Beranda Komunitas mendukung ekonomi lokal dan pemulihan ekosistem

Ibu Salma, perempuan berusia 48 tahun itu, di dapurnya yang sederhana, terus menyulam cerita-cerita ini, dengan harapan bahwa setiap kue jipang yang ia buat akan membawa sedikit kebahagiaan ke dunia—sepotong demi sepotong.

Dengan latar rimbunnya pohon-pohon aren yang menjulang tinggi dan megah, Desa Bajiminasa senantiasa merayakan kekayaan budaya ini.

Di sini, setiap pohon dan tiap pelepah adalah saksi bisu perjalanan yang telah ditempuh generasi demi generasi—sebuah cerita tentang ketahanan dan keberlanjutan.

Baca Juga: Setakik cerita dari pohon bissa paeng di Bulukumba: Penyelamat petani dan pencipta gula aren berkualitas

Pemasaran kue jipang

Kue jipang buatan Ibu Salma siap diiiris/WartaBulukumba.Com
Kue jipang buatan Ibu Salma siap diiiris/WartaBulukumba.Com

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah