Sumbangsih UMKM perempuan terhadap Produk Domestik Bruto

- 8 April 2021, 20:21 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bersama istri dalam Webinar Fashion Trend 2021/2022
Menparekraf Sandiaga Uno bersama istri dalam Webinar Fashion Trend 2021/2022 /Foto tangkapaan layar @sandiuno

WartaBulukumba - Perempuan bukan hanya menjadi pilar dalam keluarga. Peran perempuan di masa sekarang terbilang penting dalam upaya meningkatkan perekonomian negara.

Partisipasi perempuan dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pun jumlahnya terbilang besar. Jumlah tersebut mencapai 60% dari total UMKM yang ada di Indonesia.

Sayangnya, jumlah yang besar itu tidak berbanding lurus dengan sumbangan UMKM perempuan terhadap Produk Domestik Bruto (BPD). Karena itu, pemberdayaan dan perhatian diperlukan untuk meningkatkan daya saing di pasaran.

Baca Juga: Tak perlu ke kota, sidang isbat keliling menyapa pelosok

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kreativitas dan inovasi menjadi kunci penting dalam mempertahankan eksistensi dalam dunia usaha, terlebih dalam masa pendemi seperti saat ini.

“Di masa pandemi ini, kreativitas serta inovasi, adaptasi dan kolaborasi sangat di perlukan dalam mempertahankan eksistensi," tulis Sandiaga Uno pada unggahan Instagramnya @sandiuno pada Kamis 08 April 2021 ketika menjadi pembicara bersama istrinya, Nurasia, dalam even Webinar Fashion Trend 2021/2022.

Dalam even yang mengusung tema Menuju Ibu Kreatif di Masa Sulit, Sandiaga juga mengungkap bahwa dirinya sering berdialog dengan beberapa perempuan hebat yang mampu bertahan dalam masa pandemi ini. Dialog tersebut kadang dilakukan secara langsung maupun virtual.

Baca Juga: Rapat Senat AS bahas RUU Teknologi untuk 'memerangi' China

Ada sejumlah perempuan yang tak menyerah pada situasi dan terus bertahan menghadang segala rintangan. Menurut Sandiaga, Mbok Niluh di Bali adalah salah satunya. Dia mampu beradaptasi dengan cepat dengan situasi pandemi yang menjebak sejumlah lini kehidupan.

Halaman:

Editor: Sri Ulfanita

Sumber: Instagram/@sandiuno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x