Sandiaga Uno: Pemangkasan Anggaran Belanja untuk menyelamatkan lapangan kerja

- 27 Januari 2021, 14:23 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno /Foto: Twitter @sandiuno/

WartaBulukumba - Mengacu pada Surat Menteri Keuangan Nomor S-30/MK.02/2021 tanggal 12 Januari 2021, pemangkasan anggaran belanja Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun anggaran 2021 menjadi Rp4,56 triliun.

Sekitar Rp342 miliar dari pagu yang dianggarakan tahun ini sekitar Rp4,9 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Refocusing dan realokasi belanja tersebut untuk penanganan pandemic Covid-19, dukungan anggaran perlindungan sosial kepada masyarakat, menyelamatkan lapangan kerja serta mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Untuk program Pendidikan dan pelatihan vokasi tidak akan terkena refocusing dan realokasi anggaran. Artinya anggaran untuk program pendidikan dan pelatihan vokasi di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tetap dianggarkan sekitar Rp994 miliar," kata Sandiaga dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta beberapa waktu lalu.

Alokasi penghematan ini dilakukan pada beberapa program. Pertama program dukungan manajemen mengalami penghematan sebesar Rp33,3 miliar menjadi Rp1,09 triliun dari Rp1,133 triliun. Kedua program kepariwisataan dan ekonomi kreatif mengalami penghematan sebesar Rp308 miliar menjadi Rp2,47 triliun dari Rp2,77 triliun.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x