Kepada Kapolda Sulsel, Bupati Bulukumba ungkap kendala utama pembuatan perahu Pinisi

- 23 Mei 2023, 18:13 WIB
Kepada Kapolda Sulsel, Bupati Bulukumba ungkap kendala utama pembuatan perahu Pinisi
Kepada Kapolda Sulsel, Bupati Bulukumba ungkap kendala utama pembuatan perahu Pinisi /WartaBulukumba.com

WartaBulukumba - Pinisi dari Bulukumba telah jauh mengarungi sejarah yang panjang. Bertualang ke negeri-negeri yang jauh, sisi teknologi dan budaya yang dimiliki Pinisi pun diakui dunia.

Kendati demikian, tersibak sebuah fakta yakni kendala utama hari ini dalam proses pembuatan Pinisi Hal itu dilontarkan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf saat berbincang dengan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba, dengan ramah dan hangat menyambut kedatangan Kapolda Sulsel. Dia berbicara tentang segala hal yang membuat Bulukumba istimewa.

Baca Juga: Kapolda Sulsel kunjungi Bulukumba, Andi Utta bicara budaya hingga kriminalitas

Salah satunya adalah ihwal keahlian yang dimiliki oleh masyarakat Bulukumba di Ara Tanah Beru dalam membuat perahu Pinisi.

"Izin Jenderal, orang Bulukumba punya keahlian membuat perahu Pinisi. Bahkan Pinisi yang diperkenalkan oleh Pak Jokowi beberapa waktu lalu adalah buatan orang Bulukumba," ujarnya.

Namun, kata Andi Utta, kendalanya adalah bahan baku kayu untuk pembuatan perahu Pinisi di Bulukumba. Sehingga, tak sedikit orang-orang Bulukumba hijrah ke daerah lain, seperti di Kalimantan.

Baca Juga: Ternyata begini cara Pemkab Bulukumba kembali mendapatkan WTP untuk Tahun Anggaran 2022

Halaman:

Editor: Sri Ulfanita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x