⁠Fakta menarik Aurora Borealis yang muncul di Inggris dan Belanda

- 12 Mei 2024, 20:48 WIB
Aurora Borealis
Aurora Borealis /X.com/@HeitmanJake

WartaBulukumba.Com - Cahaya Utara, atau Aurora Borealis, adalah pita cahaya indah yang menari-nari yang telah memikat orang selama ribuan tahun. Namun, meskipun keindahannya, pertunjukan cahaya spektakuler ini adalah peristiwa yang cukup ganas.

⁠Ada sederet fakta menarik Aurora Borealis yang muncul di Inggris dan Belanda.

Cahaya Utara tercipta ketika partikel bermuatan dari matahari menabrak atmosfer atas Bumi dengan kecepatan hingga 72 juta kilometer per jam, namun medan magnet planet kita melindungi kita dari serbuan tersebut.

Baca Juga: Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW: Bukti saintifik perjalanan menembus waktu?

Sihir nyata fenomena atmosfer yang sinematik 

Ketika medan magnetik Bumi mengalihkan partikel-menuju kutub, proses dramatis ini berubah menjadi fenomena atmosfer yang sinematik yang mempesona dan memikat ilmuwan serta pengamat langit.

Dikutip dari Hurtigruten, astronom dan pecandu aurora, Tom Kerss, meskipun memiliki gelar dalam bidang astrofisika dan pemahaman mendalam tentang ilmu di balik fenomena tersebut, dia menggambarkan Cahaya Utara sebagai "seperti sihir nyata yang terjadi di depan mata Anda".

Perasaan Tom dibagikan oleh rekan astronomnya, Dr. Sadie Jones.

"Ketika aurora menguasai seluruh langit, Anda merasakan sensasi menempatkan hidup Anda dalam perspektif dalam skala alam semesta. Ini bisa membuat Anda berpikir: Anda bagian dari ini, Anda bagian dari alam semesta ini."

Baca Juga: Teori konspirasi skenario serangan alien tahun 2024! Apa itu Project Blue Beam?

Halaman:

Editor: Nurfathana S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah