Jadwal libur lebaran Idul Adha 2024 berdasarkan SKB Tiga Menteri

- 9 Juni 2024, 18:40 WIB
Ilustrasi jadwal libur lebaran Idul Adha 2024
Ilustrasi jadwal libur lebaran Idul Adha 2024 /Media Kupang

WartaBulukumba.Com - Momen libur lebaran, termasuk libur lebaran Idul Adha, adalah waktu ketika udara terasa lebih ringan, membawa harum semerbak bunga-bunga yang mekar dalam kebahagiaan. Di setiap sudut kota dan desa, kehidupan seolah melambat, membiarkan setiap orang menikmati momen kebersamaan yang hangat.

Jalanan yang biasanya hiruk pikuk kini dipenuhi tawa ceria anak-anak, dan suara adzan dari masjid terdengar lebih syahdu, mengingatkan kita akan kebesaran Sang Maha Pencipta. Aroma ketupat dan opor ayam menyatu dengan angin, mengundang rasa rindu akan kampung halaman. Inilah saat di mana hati yang terluka dimaafkan, dan jarak yang memisahkan, sirna oleh kasih sayang yang tulus.

Dalam kalender Islam, Idul Adha adalah salah satu hari raya yang paling dinantikan oleh umat Muslim. Pemerintah Indonesia telah menetapkan jadwal libur resmi untuk Idul Adha 2024 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh tiga menteri, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan liburan lebih awal.

Baca Juga: Ancaman dampak Sesar Lembang: Pulau Jawa sangat rentan bencana geologi

Pemerintah Indonesia, melalui SKB Tiga Menteri, telah menetapkan bahwa libur Idul Adha 2024 akan berlangsung selama dua hari.

Hari Raya Idul Adha tahun ini akan jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024, yang ditetapkan sebagai hari libur nasional. Selanjutnya, hari Selasa, 18 Juni 2024, akan menjadi hari cuti bersama, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati libur panjang.

Keputusan ini diambil untuk memberikan waktu bagi umat Muslim merayakan hari raya dengan lebih khidmat dan bagi seluruh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: Balada musim tanpa hujan: Prediksi jadwal musim kemarau 2024 oleh BMKG

Jadwal Libur Idul Adha 2024

Berikut adalah jadwal libur Idul Adha 2024:

Halaman:

Editor: Nurfathana S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah