Wafatnya Nabi Muhammad SAW: Pemimpin terbaik dunia sepanjang masa

- 8 Juni 2024, 15:28 WIB
Makam Nabi Muhammad SAW
Makam Nabi Muhammad SAW /Tangkapan layar YouTub/@ bunghasibuan

WartaBulukumba.Com - Pagi di bulan Rabiul Awal begitu damai. Sinar matahari menyapa lembut, membangunkan kehidupan di desa-desa dan kota-kota Muslim di seluruh dunia.

Bulan ketiga dalam kalender Hijriyah ini bukan sekadar penanda waktu; ia adalah pengingat akan momen-momen bersejarah yang mengubah arah peradaban manusia. Saat daun-daun berjatuhan dan udara dipenuhi aroma hujan yang menyegarkan, umat Islam menyambut bulan ini dengan hati penuh syukur dan kenangan.

Bulan ini dikenal sebagai bulan Maulid, di mana kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati dengan penuh khidmat dan kegembiraan.

Baca Juga: Surah Al Falaq diturunkan saat Nabi Muhammad SAW kena sihir?

Bulan Kelahiran dan Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Beliau lahir di kota Mekah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah, atau sekitar 571 Masehi.

Kelahiran Sang Pencerah di bulan ini sering digambarkan sebagai pertanda bahwa dunia akan disirami oleh kebijaksanaan dan kasih sayang setelah lama terkurung dalam kebodohan dan kekerasan jahiliyyah.

Sejarawan dan ulama seperti Al-Bukhari dan Muslim mencatat bahwa kelahiran Nabi Muhammad SAW disertai oleh kejadian-kejadian ajaib, seperti hancurnya berhala-berhala di Ka'bah dan padamnya api yang disembah oleh kaum Majusi di Persia.

Baca Juga: Mimpi Muhammad Qasim dan petunjuk Rasulullah SAW tentang bagian Kenabian

Lahirnya Nabi di bulan Rabiul Awal diibaratkan sebagai hujan yang turun di padang pasir yang gersang, membawa harapan dan kehidupan baru.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah