To Manurung dalam mitologi Bugis di Sulawesi: Adakah hubungannya dengan teori kontak alien di masa silam?

- 7 Juni 2024, 16:34 WIB
Ilustrasi alien di masa silam - To Manurung dalam budaya dan legenda Bugis Makassar: Ada hubungannya dengan teori kontak alien di masa silam?
Ilustrasi alien di masa silam - To Manurung dalam budaya dan legenda Bugis Makassar: Ada hubungannya dengan teori kontak alien di masa silam? /WartaBulukumba.Com

WartaBulukumba.Com - Merekah oleh cahaya biru yang menakjubkan. Dari kegelapan, sosok anggun To Manurung melayang turun, diselubungi sinar keemasan. Wajahnya bercahaya dengan kebijaksanaan abadi, matanya menatap lembut pada para penduduk yang terpana. Benarkah seperti itu situasi saat kedatangannya yang misterius?

To Manurung kerap dideskripsikan sebagai sosok perempuan jelita dan menikah dengan seorang pria keturunan bangsawan di suatu kerajaan. Benarkah dia "turun dari langit" saat sebuah kerajaan mengalami ketimpangan sosial dan peperangan?

Sulawesi Selatan adalah wilayah yang kaya akan budaya dan legenda, salah satu yang paling menarik adalah cerita tentang To Manurung dalam tradisi Bugis di Sulawesi.

Baca Juga: Alien dalam penjelasan Al Quran, literatur Islam, Iman Kristen dan pandangan filsuf

To Manurung, yang secara harfiah berarti "orang yang turun dari langit," memainkan peran penting dalam mitologi dan sejarah masyarakat Sulawesi.

Hal penting yang menjadikannya lebih menarik adalah bahwa legenda tentang entitas yang turun dari langit bukanlah hal yang unik bagi Bugis Makassar.

Di berbagai belahan dunia, terdapat cerita serupa tentang makhluk humanoid yang datang dari langit dan berinteraksi dengan manusia. Mari kita jelajahi lebih dalam dari berbagai sumber literatur.

Baca Juga: Menyingkap penjelasan alien dalam Al Quran: Ada ayat-ayat tentang 'makhluk melata berkaki dua' selain di Bumi

Asal Usul dan Legenda To Manurung

Menurut Christian Pelras (1996) dalam bukunya "The Bugis", To Manurung digambarkan sebagai figur semi-dewa yang muncul secara tiba-tiba di berbagai tempat di Sulawesi Selatan.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah