Imam Shamsi Ali: OKI harus berada di garda terdepan membela Palestina

- 13 Mei 2024, 22:42 WIB
Imam Besar Islamic Center of New York, Dr. Shamsi Ali - Imam Shamsi Ali: OKI harus berada di garda terdepan membela Palestina
Imam Besar Islamic Center of New York, Dr. Shamsi Ali - Imam Shamsi Ali: OKI harus berada di garda terdepan membela Palestina / /Instagram.com/@imamshamsiali2.

WartaBulukumba.Com - Di sela dentuman perlawanan pejuang Palestina dan nestapa warga sipil Palestina, bagaimana seharusnya sikap dan posisi Organisasi Kerjasama Islam (OKI)?

Imam Besar Masjid Islamic Center di New York, Amerika Serikat, Dr. Shamsi Ali, menegaskan OKI harus berada di garda terdepan dalam membela Palestina.

"OKI harus berani bersuara dan berbuat untuk membela Palestina, khususnya di saat terjadi tindakan kekejaman yang melampaui segala batas pertimbangan akal manusia sehat," ungkap Dr. Shamsi Ali dalam wawancara online pada Senin, 13 Mei 2024.

Baca Juga: Memaksa pengungsi Palestina pindah Israel Penjajah menyerang Rafah dari darat dan udara

Peran OKI tidak boleh tergantikan

Dr. Shamsi Ali menyoroti latar belakang berdirinya OKI, yang semula didirikan untuk membela Palestina dan masjid Al-Aqsa, khususnya setelah pembakaran Masjid Al-Aqsa oleh Israel Penjajah pada tahun 1969.

Meskipun OKI telah berubah menjadi Organisasi Kerjasama Islam pada tahun 2011, tetapi menurut Dr. Shamsi Ali, peran OKI dalam membela Palestina tidak boleh tergantikan.

"Jika kita kembali menengok sejarah berdirinya jelas Organisasi Kerjasama Islam atau OKI didirikan memang tujuan utamanya untuk membela Palestina. Terlebih khusus lagi membela kota suci Al-Quds dan masjid Al-Aqsa. Ketika itu Masjid Al-Aqsa mengalami pembakaran oleh Zionist Israel di tahun 1969. Pemimpin dunia Islam pun ketika itu mengadakan pertemuan di Maroko dan membentuk OKI atau Organisasi Konferensi Islam. OKI kemudian merubah kata 'Konferensi' menjadi 'Kerjasama' di tahun 2011. Sejak itu OKI berubah nama menjadi Organisasi Kerjasama Islam. Nama yang indah dan penuh harapan," urai Dr. Shamsi Ali.

Baca Juga: Ambiguitas AS dan nestapa Palestina: Biden janji tidak pasok senjata ke Israel Penjajah untuk serang Rafah

Dalam konteks kekerasan dan kekejaman yang terjadi di Gaza, Dr. Shamsi Ali menekankan bahwa OKI harus bersuara dan bertindak tegas.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah