Bulukumba berlari kencang di selatan Sulsel: Capaian positif 5 indikator makro termasuk kemiskinan terendah

- 29 Mei 2024, 23:19 WIB
Ilustrasi grafik - Bulukumba berlari kencang di selatan Sulsel: Capaian positif 5 indikator makro termasuk kemiskinan terendah
Ilustrasi grafik - Bulukumba berlari kencang di selatan Sulsel: Capaian positif 5 indikator makro termasuk kemiskinan terendah /Pixabay/Gerd Altmann

WartaBulukumba.Com - Di tengah gempuran krisis global, kabar gembira datang dari Kabupaten Bulukumba. Badan Pusat Statistik (BPS) Bulukumba merilis data Indikator Makro Kabupaten Bulukumba tahun 2023 yang menunjukkan catatan positif di lima sektor.

Kabid Humas Diskominfo Andi Ayatullah Ahmad menuturkan ada 5 indikator makro yang dirilis sebagai data terkini, yaitu tingkat kemiskinan, ketenagakerjaan, Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi. 

Bagai pelari yang tak kenal lelah, Bulukumba terus mengukir prestasi. Tingkat kemiskinan di Bumi Panritalopi ini terus menurun dari 31,29 ribu jiwa pada tahun 2022 menjadi 30,65 ribu jiwa pada tahun 2023, atau mencapai 7,22 persen.

"Angka 7,22 persen ini juga menempatkan Bulukumba pada posisi ke-6 terendah di Sulawesi Selatan," ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Senin, 27 Mei 2024.

Baca Juga: Atika: Seserpih cahaya di timur Bulukumba dari balik aroma bale tapa

Persentase penduduk miskin terendah

Lebih membanggakan lagi, Bulukumba menjadi jawara di antara kabupaten di Wilayah Selatan-Selatan (Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, dan Kepulauan Selayar) dengan persentase penduduk miskin terendah.

Meskipun jumlah penduduknya lebih kecil, kabupaten-kabupaten lain di wilayah tersebut memiliki persentase penduduk miskin yang lebih besar.

Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan sinergi semua pihak. Pertumbuhan ekonomi (PDRB) pun meningkat dari 3,81 persen di tahun 2022 menjadi 4,11 persen di tahun 2023. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan masih mendominasi kontribusi PDRB, disusul sektor perdagangan besar dan eceran.

Baca Juga: Revitalisasi warisan kuliner di Bulukumba: Strategi pengembangan kue jipang di Desa Bajiminasa

Halaman:

Editor: Nurfathana S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah