Begini cara keren warga Desa Salassae Bulukumba mengendalikan sampah plastik

- 8 Juni 2024, 19:56 WIB
Keren! Warga Desa Salassae Bulukumba menyiapkan karung tempat sampah depan rumah
Keren! Warga Desa Salassae Bulukumba menyiapkan karung tempat sampah depan rumah /WartaBulukumba.Com

WartaBulukumba.Com - Matahari pagi di langit Bulukumba menyinari Dusun Batu Tujua Desa Salassae dengan lembut, menelusup di celah-celah dedaunan pohon yang bergoyang pelan diterpa angin. Embun masih menggantung di ujung-ujung rumput liar yang tumbuh di tepi jalan utama Desa Salassae.

Kicauan burung mengiringi langkah-langkah ringan anak-anak yang berjalan ke sekolah, melewati deretan karung-karung yang berjajar rapi di sepanjang tepi jalan.

Karung-karung itu, dengan warna aslinya yang memudar, menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat melawan sampah plastik. Mereka berdiri seperti barisan prajurit yang siap menjaga desa.

Baca Juga: Desa Salassae di Bulukumba bergerak menuju kemandirian energi

Kepala Desa Salassae, Gito Sukamdani, mengungkapkan bahwa warga turut serta dalam proses ini, menambah karung-karung baru di depan rumah masing masing sebagai langkah kecil menuju perubahan yang lebih besar.

"Dengan upaya ini, kami berharap dapat menginspirasi seluruh masyarakat di desa Salassae khususnya untuk turut berperan serta dalam menjaga lingkungan dari dampak negatif sampah plastik," ungkap Gito Sukamdani kepada WartaBulukumba.Com pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Dengan komitmen yang teguh, lanjut Gito, warga Desa Salassae memilih untuk bertindak sebagai pelopor dalam upaya mengendalikan sampah plastik.

Baca Juga: Menyusuri Bulukumba dari cara warga Desa Salassae merawat lingkungan

Sebuah Langkah Kecil, Sebuah Lompatan Besar

Awal dari segala gerakan besar sering kali dimulai dengan langkah yang kecil namun pasti. Inisiatif pemasangan karung-karung di tepi jalan ini lahir dari keprihatinan mendalam terhadap sampah plastik yang mengotori tanah dan air desa.

Gito dan beberapa tokoh masyarakat lainnya merancang sebuah langkah yang mungkin tampak sederhana, namun penuh dengan makna dan harapan.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah